Jumat, 22 Februari 2013

dah sabar?

salam'alaikum wr wb
berkah selalu

ah. semoga dibaca sampai selesai.

Beberapa minggu lalu aq ikut kajian keIslaman; Riyadhush Sholihin bab 3: SABAR. 
Sang ustadz memulainya dari sebuah cerita tentang seorang wanita yg menangisi kuburan kerabatnya. Kemudian Rasulullah Saw lewat di sana dan menasihatinya; 'Ittaqillah, washbirii' -bertaqwalah, dan bersabarlah-. Si wanita yg dengan tangisannya tak mau terima nasehat itu dan memarahi Rasul tanpa dia tau bahwa yg menasihati itu adalah Rasulullah Saw.
Keknya kalo kita juga bakalan kek gitu; lagi nangis karena musibah yg teramat berat rasanya, lalu datang seseorang bilang, 'sabar ya...'. Kira2 jawaban qt yg lagi gak rasional begini; 'enak aj loe ngomong, gua yg ngerasain nih'. 
Well, Rasul pun pergi. Pendek cerita, wanita ni tau kalo yg menasehati kmrn tu adalah Muhammad saw, sang Rasul. Dia pun datang kepada Rasul n minta maaf. Oke, pendek crta lagi (huh), Nabi bersabda:

"Sabar itu, tatkala hentakan pertama" -Muhammad Saw-


Hmm, got it? oooh,,,, u'r so genius. Yip, Precisely! Contoh ni, gua tiba2 dituduh mencuri n dimarah2 seseorang padahal gua g tau ap2 nih. Nah, kalo misal aq nya langsung ikutan merembet marah juga, jadilah tak ada sabar di sana. Dah? cari lg contoh sendiri yow....!


eh, dah panjang pengantar aq e? padahal lum masuk inti lg ni.
mianata... huhuhu #lebay

Oke, ada 3 bentuk (atau jenis?) sabar;
1. Sabar dalam keta'atan. 
2. Sabar untuk tidak berbuat maksiat.
3. Sabar terhadap taqdir Allah; musibah.

Dahlah e,,, yg sedikit ini semoga bisa diambil secuil. Buang yg keruh, ambil yg jernih.

Tengkyu sudi bace...
^^

P.S : bisa googling mw tau lebih banyak

27 komentar:

  1. sabar, hal yang gampang diucapkan tetapi susah bener dilakukan, bagaimanapun tetep kita harus selalu belajar, berusaha dan tentu mengaplikasikan "sabar" dalam kehidupan kita

    BalasHapus
  2. Saya kasih contoh lagi sabar yg ketika hentakan pertama..

    Saat tahu anggota keluarga kita meninggal, kita ikhlas dan langsung mengucapkan Innalillahi wainnailaihi roojiun.. Menangis boleh, tapi tak boleh tersedu dan meratapi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, aku juga suka ngaji Riyadhus Sholihin.. Kitab taman orang2 sholeh ^^

      Hapus
    2. kalo yg nyampein nya tu enak, enak ngajinya...
      y g?

      Hapus
    3. Iya setuju, bener banget ^^
      Pokoknya gak bikin kantuk (kyak permen aja).. ^^

      Hapus
  3. kalau saya baru latihan untuk bersabar sob......

    BalasHapus
    Balasan
    1. no problem sob.
      sepertinya sabar juga masuk pelajaran seumur hidup ya.?
      soalnya keadaan yg dihadapi selalu berbeda kan?

      Hapus
  4. nice post sob.. smoga kita termasuk orang2 yang sabar..

    BalasHapus
  5. tapi,yang intinya ..sabar itu ada batasnya,..
    :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, tu dia sob. ternyata tdk begitu.
      ternyata, kalau ada batasnya berarti udah g sabar namanya.
      tetapi, bsabar tdk berarti pasrah,tetap ad usaha.
      (seperti yg pernah q dengar dr para guruku)

      :D
      salam kenal.

      Hapus
  6. sabar itu memang pahit tetapi buahnya manis ..salam kenal salam ukhuwah dari bunda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener Bunda, kadang juga agak lama nunggu manisny.
      salam ukhuwah, Bunda.
      :)

      Hapus
  7. Adakah perbedaan antara sabar dan ikhlas?dan adakah titik puncak dari sebuah kesabaran? dan kalau ada kapankah itu. Dan jika tidak ada titik puncaknya, bisakah kesabaran itu saya anggap sebagai suatu kebodohan?. Makasih infonya leni..lagi galau nih heehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, thanks Hendik for comment here.
      Well, i'm not proffessional in this thing. Saye pun masih belajar tentang ini. Menurutku, sabar dan ikhlash jelas berbeda. Tp sabar dan ikhlas berkaitan. Rasanya bisa cari refrensi di internet maupun buku.
      Sprti komen sy di atas, bahwa sabar bukan berarti pasrah. Tetap ad usaha di sana. Ketika diam sajatanpa usaha, sama sekali bukan sabar, tp bodoh.
      Maaf tak memuaskan, tp ini jd pemicu u/ tak berhenti belajar.
      SeMaNGka!!!

      Hapus
  8. aslkum.. u have so nice blog ...bleh sy follow u? if can pls follow me back ya.. thx =_=
    http://slapmestore.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'alaikumslm. sure.
      lets be friend.

      Hapus
  9. harus sabar...
    orang sabar di sayang allah..
    daebakkk

    BalasHapus
  10. yups...
    Fresh lagi ingatan saya baca tulisan kau...

    Persis...
    Dan yang dibilang sabar itu saat pertama... ya misalkan kehilangan sesuatu ga nangis sambil marah2 or ngomel2 hehe

    Lagi...
    Setiap insan kan memiliki derita sendiri... dan. ALLAH tak akan memberi cobaan diluar batas kemampuan hambaNya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih.

      beneran itu, orang g ada sangkut pautnya ntar jd sasaran. wkwkwk

      kalimat terakhir dikau tu Fik, di post q selanjutnya.
      hihi

      Hapus
  11. Hhhhh....

    Iya tuh benar sekali...

    Nah iya...
    Sya belum baca lho...
    Tadi setelah komen sini terus baca sana... hoho kok bisa tepatnya :))

    BalasHapus

Tinggalkan sepatah kata kat sini e....
Terime Kaseh